Follow Now......!

YANG PERTAMA KE LUAR ANGKASA


 Di tahun 1950-an negara-negara besar seperti Rusia yang pada saat itu itu masih bernama Uni Soviet dan Amerika Serikat telah bersaing di bidang tehnologi kususnya di bidang Astronomi. pada saat itu penelitian mereka di bidang ini m,asih dalam tahap perkenbengan, namun beberapa di antaranya telah membuahkan hasil.
 dan berikut ini adalah contoh-contoh keberhasilan mereka.
1. tanggal 4-Oktober-1957, Rusia memenangkan kompetisi, yang berhasil meluncurkan satelit mereka keluar angkasa. dan ini juga merupakan peluncuran satelit ke luar angkasa pertama di dunia. dan satelit yang bernama Sputnik ini di luncurkan tanpa awak, karena ukurannya yang kecil, yaitu hanya se-ukuran bola pantai, dan beratnya yang 83,6 Kilogram dan peluncuran pertama ini sekaligus di tandai sebagai di mulainya "zaman luar angkasa".
2.kemudian pada tahun 1961 Amerika Serikat melunncurkan peswat ruang angkasa mereka US Mercury Space Craft. peluncuran yang di lakukan di Tanjung Canaveral Florida ini di sertai awak yang yaitu seekor Simpanse. tentu sangat unik sekaligus luar biasa, karena ini merupakan Primatta pertama yang pernah ke luar angkasa. dan di kabarkan bahwa Simpanse yabg bernama Ham tersebut, bertahan hidup hingga akhir perjalanannya.
3.pada tanggal 12-April-1961, pesawat ulang alik milik Rusia bernama Vostok yang berawakan seorang Mayor Rusia yaitu Yuri Gagarin juga berhasil di luncurkan ke ruang angkasa, Mayor Yuri Gagarin mencatat namanya dalam sejarah sebagai manusia pertama yang pernah ke ruang angkasa sekaligus manusia pertama yang yang berhasil kembali dari ruang angkasa. pada saat itub iya mendarat di dekat Angels, Khazakhstan
4.berikutnya adalah seorang wanita yang bernama Valentina Tereshkova dia adalah wanita pertama yang di kirij ke ruang angkasa, pada saat itu usia baru menginjak 26 tahun, iya meluncur pada tanggal 16-juni-1963 dengan menggunakan pesawat ulang alik Vostok-6 milik rusia. dan peluncurannya merupakan misi rahasia rusia.
5.kemudian pada bulan November-1957 seekor Anjing bernama Laika, milik Rusia yang pertama di luncurkan ke ruang angkasa dengan menggunakan Sputnik-2, namun malang, anjing tersebut tewas, akibat kegagalan fungsi mesin yang di alami Sputnik-2.
6.Salyut-1 adalah sebuah stasiun ruang angkasa milik Rusia sekaligus menjadi stasiun ruang angkasa pertama di dunia, misi Salyut-1 yaitu meneliti efek tubuh manusia jika berada di ruang angkasa dalam jangka waktu yang lama. saat pertama peluncuran, Salyut-1 tanpai di sertai kosmonaut, namun setelah enam minggu kemudian barulah kosmonaut pertama menyusul di luncurkan dengan pesawat ulang alik. dan para kosmonaut itu melakukan penelitianya selama 23 hari. Salyut-1 di lengkapi dengan laboratorium, peralatan ilmiah, ruang relaksasai dan ke bugaran
7.International Space Station  (I.I.S) adalah sebuah satsiun ruang angkasa ter besar yang mengorbit Bumi. proyek ini di mulai pada tahun 1998 dan hingga saat ini masih dalam tahap proses penyelesaian pembangunannya. setelah pembangunannya selesai nanti, stsiun yang berbobot 450 ton ini, cukup untuk menampung tujuh kamar untuk anggota kru di sertai perlengkapan ilmiah yang beragam. Stasiun ini mengorbit 350 kilometer di atas Bumi, dan dapat di lihat dari bumi meskipun tanpa  menggunakan teleskop (mata telanjang) Stasiun berkecepatan 27.700 kilometer per jam yang dapat mengelilingi Bumi 15 kali dalam sehari.
 

0 komentar:

Posting Komentar

 

Blogger news

Blogroll

About